SANG PENOLONG

Selamat datang di blog Pemuda GKSBS Gereja Kristen Sumatera Bagian Selatan Palmerah JAMBI Jangan Lupa Share dan Tinggalkan Komentar Terimakasih God Bless and See you
Baca: Yohanes 16:7-15 | Bacaan Alkitab Setahun: 2 Raja-Raja 15–16 ; Yohanes 3:1-18

Apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran. —Yohanes 16:13

Saat memasuki pesawat yang akan membawa saya ke suatu kota berjarak seribu mil dari rumah untuk meneruskan studi, saya merasa begitu gugup dan sendirian. Namun selama penerbangan, saya ingat bahwa kepada murid-murid-Nya, Yesus menjanjikan Roh Kudus yang akan hadir untuk menolong dan menghibur mereka.

Para sahabat Yesus pasti merasa bingung ketika Yesus berkata kepada mereka, “Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi” (Yoh. 16:7). Bagaimana mungkin mereka yang telah menyaksikan mukjizat-Nya dan belajar dari ajaran-Nya dapat menjadi lebih baik tanpa kehadiran-Nya? Namun, Yesus mengatakan kepada mereka bahwa jika Dia pergi, Sang Penolong, yaitu Roh Kudus, akan datang.
Apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran. —Yohanes 16:13

Menjelang waktu-waktu terakhir-Nya di bumi, Yesus memberikan pesan kepada murid-murid-Nya (dalam Yoh. 14–17 yang dikenal sebagai “Pesan Perpisahan”) untuk menolong mereka agar memahami arti kematian dan kenaikan-Nya ke surga. Pusat pembicaraan mereka adalah tentang kedatangan Roh Kudus, Sang Penolong yang akan menyertai mereka (14:16-17), mengajar (15:15), bersaksi (15:26), dan memimpin mereka (16:13).

Kita yang telah menerima hidup baru dari Allah juga telah dianugerahi Roh Kudus yang tinggal di dalam diri kita. Roh Kudus juga memberi kita begitu banyak: Dia menginsafkan kita akan dosa dan menolong kita untuk menyesalinya. Dia memberi kita penghiburan tatkala kita menderita, kekuatan untuk menanggung kesulitan, hikmat untuk memahami pengajaran Allah, pengharapan dan iman untuk percaya, dan kasih yang rela berbagi.

Marilah kita bersukacita karena Tuhan Yesus telah mengutus Sang Penolong untuk kita.
Bapa Surgawi, Engkau memberikan Anak-Mu untuk menyelamatkan kami dan Roh-Mu untuk menghibur dan mengingatkan kami. Kiranya kami senantiasa memuliakan-Mu saat kami mensyukuri kebaikan dan kasih-Mu.
Roh Kudus memenuhi hidup para pengikut Yesus.

WAWASAN: 

Hati para murid berdukacita saat Yesus mengatakan Dia akan segera pergi kepada Bapa. Sebab itu, sebelum disalibkan dan akhirnya naik ke sorga, Yesus menghibur mereka. Yesus berkata bahwa Dia harus pergi agar Roh Kudus datang. Murid-murid-Nya belum mengenal Roh Kudus, jadi bagaimana kedatangan-Nya bisa menghibur mereka? Yesus menawarkan jawabannya. Roh Kudus akan melanjutkan apa yang Yesus mulai. Roh Kudus akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran, dan penghakiman. Roh Kudus akan berbicara kepada para murid bukan saja atas nama Yesus, melainkan juga menyampaikan perkataan Yesus sendiri (Yohanes 16:13-15). Ke mana pun setiap murid pergi, bersama-sama atau sendiri-sendiri, Roh Kudus—dan oleh karenanya, Yesus sendiri—akan menyertai mereka. —J.R. Hudberg

Ditulis Oleh Amy Boucher Pye
Sumber : Our Daily Bread Ministris

Komentar

Postingan populer dari blog ini

HUBUNGAN TANPA IKATAN

CIRI-CIRI ORANG YANG MENGANDALKAN TUHAN

CIRI-CIRI ORANG YANG MENGANDALKAN TUHAN